Total Tayangan Halaman

Rabu, 23 September 2015

Bentuk Setir Formula 1 Dari Masa Ke Masa


Siapa yang tidak mengenal balapan roda 4 paling kencang sejagad raya? Balapan tersebut biasa disebut balapan jet darat, balapan roda 4 paling fenomenal dan paling bergengsi sedunia.


Ada hal yang menarik yaitu ketika melihat perkembangan setir mobil formula 1 dari masa ke masa, ya dari jaman formula 1 lahir sampai sekarang yang dipengaruhi oleh perkembangan jaman dan sarat oleh teknologi canggih termasuk setir yang bakalan selalu ada untuk mengontrol arah mobil.


Menarik, mari kita lihat perkembangan bentuk dari setir F1 pada tim Mclaren Formula 1

1969 BRUCE MCLAREN M7C

Bentuknya simpel, klasik dan khas pada tahun tersebut. Mempunyai 3 pegangan baut dan tentu saja hanya memiliki 2 fungsi, belok kanan dan kiri.

1974 EMERSON FITTIPALDI M23


Setelah sekian tahun, tidak terlalu banya perubahan yang berarti. Hanya ada penambahan saklar pemutus pengapian sebagai safety. Saklar berfungsi untuk mematikan mesin saat terjadi kecelakaan.

1988 AYRTON SENNA MP4/4


Pada era 80an setir dilengkapi dengan mekanisme quick-release yang berfungsi untuk mempermudah memasang dan melepas setir sehingga ukuran kokpit bisa menjadi lebih kecil dan minimalis. Pada masa itu terlihat adanya kemajuan yang signifikan ditandai dengan adanya tombol merah untuk menambah tekanan pada pembakaran sehingga memudahkan saat overtaking dan hijau untuk radio.


1999 MIKA HAKKINEN MP4-14


Saat model stir ini ada, maka bersamaan pula diperkenalkan gearbox otomatis dan dirintis hingga saat ini dan menjadi perkembangan yang luar biasa hingga saat ini. Penyesuaian pun dilakukan pada setir sehingga memudahkan untuk melakukan kontrol. Otomasi sudah mulai berkembang dengan adanya pit lane speed limit dan traction control. 


2008 LEWIS HAMILTON MP4-23


Seperti pada tahun 99 tombol tombol masih terdapat pada dashboard, tetapi pada tahun 2008 semua pindah pada setir untuk menghemat tempat dan memangkas berat. Pada tahun ini pembalap bisa dengan mudah menyeting mobil pada beberapa tombol untuk membantu memperbaiki kinerja mobil pada saat balapan. Pada gambar diatas tersebut dapat dilihat adanya tombol akses ketraksi dan pengaturan differensial serta tombol lainnya yang bisa diaktifkan dan dimatikan, tergantung instruksi dari radio dari pit maupun keinginan pembalap sendiri

2014 JENSON BUTTON MP4-29


Bentuk setir mencerminkan kompleksitas teknologi modern masa kini. Setir dilengkapi dengan layar lcd yang memungkinkan untuk menyeting dan mengolah data dalam jumlah yang besar, banyak kontrol yang dipindahkan pada sisi setir dan dibalik setir seperti kontrol aktivasi DRS. Pengubahan kontrol traksi terhadap jenis ban, DRS, gearbox dan lainnya menjadi lebih mudah dan terkontrol.

Sekian 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar